Sunday, November 11, 2018

Rendang dan Nasi Goreng Dipilih Jadi Makanan Paling Lezat di Dunia

Sumber: www.cnnindonesia.com

Dua ikon kuliner Tanah Air, yakni rendang dan nasi goreng, didulat sebagai makanan paling enak nomor satu dan nomor dua di dunia versi media dan situs berita CNN. Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar RI) pun bangga atas pencapaian ini.
“Rendang dan nasi goreng adalah dua dari lima kuliner yang tengah dipromosikan Kementerian Pariwisata sebagai ikon kuliner Indonesia, selain soto, sate, dan gado-gado,” ujar Menpar, Arief Yahya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/7/2017).
Sebelumnya, pada tahun 2011, masakan asal Sumatra Barat itu juga meraih peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia. “Ini sudah mengangkat brand kuliner Indonesia, dan tentu pariwisata Indonesia,” kata Arief.
Pada tahun 2017 rendang dan nasi goreng kembali menjadi makanan favorit banyak pembaca situs berita dunia CNN yang berasal dari Amerika Serikat itu.
“Reputasi rendang ini akan menaikkan citra kuliner dan pariwisata kita. Karena kuliner ketika sudah siap dipromosikan, dikapitalisasi, maka dia sudah masuk pariwisata. Selama masih proses inkubasi, itu masih di bawah Bekraf,” ungkap Arief lagi.

Sumber: dapurkobe.co.id
Arief mengatakan, kuliner sudah menjadi bagian yang penting dalam pariwisata. “Makin banyak makanan kita yang dikenal, maka makin banyak yang ingin ke negara kita. Ini adalah kultur diplomasi bangsa kita,” ujarnya.
Kemenpar RI akan melakukan branding restoran Indonesia di luar negeri untuk mendukung promosi Indonesia. Dipilih wilayahnya sesuai dengan target pariwisata, seperti restoran Indonesia di Prancis.
“Kami juga punya strategi mengembangkan destinasi kuliner di Indonesia. Ada Bali, Joglosemar, dan Bandung. Kota-kota tersebut dipilih selain karena kulinernya yang kaya, juga karena komitmen pemerintahnya akan wisata kuliner,” ujar pria asli Banyuwangi ini.
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, menyambut semringah prestasi tersebut. Dalam bidangnya, kuliner selalu menjadi senjata andalan untuk meraih hati wisatawan mancanegara. Esthy mengatakan, rendang merupakan salah satu makanan otentik yang dimiliki Indonesia.

Sumber: travelingyuk.com
“Indonesia memiliki 5.350 lebih resep asli tradisional yang telah menjadi warisan bangsa Indonesia. Bukan hanya nikmatnya, namun juga setiap makanan mengandung sejarah yang kaya. Kuliner kita penuh warna dan cita rasa bumbu yang kuat. Kami bangga punya rendang dan nasi goreng,” ujar Esthy.
Sebagai informasi, CNN telah merilis daftar 50 makanan paling lezat sedunia lewat pemungutan suara (voting) atas 35.000 pengguna media sosial Facebook. Hasilnya, rendang dari Sumatra Barat kembali menduduki peringkat pertama sebagai makanan paling lezat, disusul di peringkat kedua nasi goreng (juga dari Indonesia). Adapun kuliner lain dari Indonesia, sate, sukses bertengger di peringkat ke-14.

5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete