Saturday, November 10, 2018

Baklava, Kue Khas Turki Masa Ottoman dalam Pekan Kebudayaan Aceh

Sumber: thinkstock


Jakarta - Berkunjung ke Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, selain dapat mencicipi kuliner Tanah Rencong, juga kuliner dari Turki. Kue khas Turki yang terkenal pada masa Kesultanan Ottoman pun ikut dipamerkan.
Salah satunya adalah baklava. Kue manis yang dibuat menggunakan kacang walnut atau pistache ini disediakan di stand Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT). Kue ini dipamerkan di event “Aceh History Expo” yang berlangsung di Museum Aceh hingga pada bulan Agustus 2018.
Traveler yang sedang berkunjung ke sana dapat mencoba makanan ringan yang telah ada sejak masa Byzantium hingga masa kesultanan Ottoman. Kue yang disajikan pada event PKA ini diracik oleh Zahraini.
Zahraini membuat kue dengan bahan di antaranya tepung roti dan almond tersebut untuk memperkenalkan makanan khas Turki kepada pengunjung. “Baklava ini saya bikin sesuai resep dengan baklava yang ada di Turki,” kata Zahraini.
Menurutnya, kue baklava termasuk salah satu kue khas Turki pada masa Ottoman dan diramu pertama sekali di Kota Gaziantep. Selama kegiatan PKA berlangsung, kue ini tetap disajikan agar pengunjung pameran dapat mencobanya. “Kalau orang Aceh suka makanan ini kemungkinan dia keturunan Turki,” kata pengajar di STKIP BBG Banda Aceh ini.
Selain baklava, di stand PuKAT juga tersedia beragam buku bacaan dari Turki. Beberapa di antaranya merupakan buku arsitektur karya Mimar Sinan. Koordinator Pameran PuKAT, Ariful Azmi Usman, mengatakan, sejak awal dibuka stand PuKAT dikunjungi oleh beberapa pengunjung yang kagum dengan Turki. Di sana, mereka dapat mengenal lebih jauh tentang negara yang dipimpin Recep Tayyip Erdoğan ini lewat buku.
“Beberapa buku arsitektur karya Mimar Sinan ada di sini. Pengunjung banyak yang penasaran ketika melihat isi buku. Beberapa pengunjung juga kagum dengan kondisi Turki saat ini,” kata Ariful.

6 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete