Saturday, January 5, 2019

Makanan Khas Jawa Barat: Sega Jamblang

Sega jamblang (Sumber: travel-tempo.co)


Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kuliner khas tradisionalnya. Kuliner khas dari daerah ini banyak diakui memiliki cita rasa yang enak dan unik serta telah pula menyebar ke daerah-daerah lain. Berikut ini saya “hidangkan” ke hadapan Anda salah satu kuliner khas dari Sunda ini, yakni sega jambalang.

Sega jamblang merupakan nama lain dari nasi jamblang, makanan khas dari Cirebon (sega artinya ‘nasi’). Yang sangat khas dari makanan ini adalah cara menghidangkannya yang dilakukan dengan alas atau bungkus daun jati. Kekhasannya yang lain adalah nasi disajikan dengan berbagai jenis lauk pauk yang kaya warna dan rasa. Nasi putih dihidangkan di atas daun jati, kemudian di atas atau di sekelilingnya disandingkan berbagai jenis lauk: sambal goreng, tahu sayur, paru sapi goreng, telur dadar, semur daging atau hati, perkedel, sate kentang, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe goreng, pepes ikan, dan sebagainya.

Benar-benar meriah dan ramai rasanya, seperti nano-nano. Dengan berbagai jenis lauk yang terhidang, nasi jamblang sudah pasti sedap untuk disantap. Anda mungkin tidak perlu menyantap semua jenis lauk yang dihidangkan, tetapi cukup memilih beberapa di antaranya saja yang benar-benar sesuai dengan selera Anda.

Nama atau istilah sega jamblang ada asal-usul historisnya. Konon, nama makanan ini diadopsi dari nama sebuah desa di sebelah barat kota Cirebon, yakni Desa Jamblang, yang masih dalam wilayah Kabupaten Cirebon. Dan perlu Anda ketahui, meski bernama ‘nasi jamblang’, makanan ini menurut Wikipedia, sama sekali tidak memiliki hubungan dengan pohon atau buah jamblang.

7 comments:

  1. NikitaPoker merupakan salah satu situs judi poker online aman dan terpercaya,karena menggunakan server IDNPLAY yang sudah terbukti 100% player vs player,no robot ataupun admin.

    NIKITAPOKER memberikan bonus deposit sebesar 10% khusus member baru,dengan minimal deposit Rp 20.000 kalian berhak mendapatkan tambahan chips sampai Rp 50.000.

    Mari tunjukan kemampuan anda dalam bermain poker dan jadilah DEWA POKER hanya di NIKITAPOKER.
    Game terlengkap dalam 1 web,hanya dengan 1 id anda bisa memainkan semua permainan diantaranya : Poker, Bandar Ceme, Capsa Susun, Domino 99, Ceme Keliling, Live Poker

    Bergabung sekarang juga dan dapatkan JACKPOT puluhan juta setiap hari. Dapatkan juga Hadiah Bulanan Yamaha N-Max, Yamaha Fino, I Phone x, Samsung Galaxy S8, OPPO F7 dan masih banyak Lagi
    Langsung saja kunjungi Situsnya dan Daftar Segera di WWW.NICEPOKER .NET

    BBM : DCE7C2EC
    IG : @nikitapokeridn
    YM : CS_NIKITA
    TLP/SMS : +6281384530369

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete