Monday, May 28, 2018

Bakso Solo yang Lezat dan Terkenal

Bakso khas Kota Solo (Sumber: (http://dapurkokimasak.blogspot.co.id)


Bakso sebenarnya sudah menjadi makanan rakyat Indonesia yang banyak ditemukan di berbagai pelosok tanah air. Hampir di semua provinsi di Indonesia kita dapat menemukan makanan yang satu ini. Namun, dari berbagai jenis bakso yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya lebih menonjol dan lebih terkenal; misalnya bakso dari Solo, Malang, dan Wonogiri.
Solo tidak hanya terkenal dengan kuliner khasnya, seperti dawet telasih, selat, serabi, dan timlo, melainkan juga dengan baksonya. Bakso dari Kota Solo terkenal memiliki cita rasa yang khas. Selain kenyal dan renyah, bola baksonya terasa gurih dan lezat. Kuahnya pun enak dan sensasional.
Tak mengherankan, bakso Solo tidak hanya digemari oleh masyarakat Solo sendiri. Bakso yang dijual dengan label “Bakso Solo” di berbagai kota di Indonesia, seperti di Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, Balikpapan, dan Makassar, laku dan digemari oleh para pembeli. Sebuah situs (blog/website) yang secara khusus memberikan layanan konsultasi dan pelatihan cara membuat hidangan bakso ala Solo yang berbasis di Kota Solo pun ramai dikunjungi oleh warganet (nertizen) dari berbagai kota dan daerah di Indonesia.
Bakso merupakan makanan berkuah yang umumnya berbahan baku utama daging sapi. Daging sapi bisa diganti dan dikombinasi dengan daging lain, misalnya ayam, kerbau, ikan tuna, atau ikan patin, tetapi umumnya yang tetap dan paling disukai masyarakat adalah daging sapi. Bakso disukai oleh masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia.
Bakso Solo dihidangkan dengan mangkuk dalam sajian berisi beberapa butir bola daging sapi (gelindingan/pentolan) ditambah dengan mi, pangsit, tahu, sawi, dan seledri, kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi dan kadang ditaburkan di atasnya irisan bawang putih atau bawang merah goreng. Untuk meningkatkan cita rasa, dapat ditambahkan sambal, saus, dan kecap.  Dapat pula disantap bersama nasi putih dan kerupuk atau rambak.
Semangkuk bakso Solo (yang sudah dikenal memiliki rasa enak dan populer) rata-rata dijual dengan harga Rp12.000,00 hingga Rp20.000,00. Untuk bakso yang belum begitu dikenal, umumnya dijual dengan harga yang jauh lebih murah, berkisar antara Rp7.000,00 hingga Rp10.000,00. Berikut ini beberapa warung bakso Solo yang sudah terkenal dan memiliki rasa yang lezat.
·          Bakso Mi Horison (Solo Grand Mall)
·          Bakso Pak Tino
·          Bakso Pak Kumis
·          Bakso Alex
·          Bakso Tittoti
·          Bakso Kadipolo
·          Bakso Patung Kuda
·          Bakso Thengkleng Mas Bambang
·          Bakso Garasi


No comments:

Post a Comment